Waspadai Komplikasi Penyakit Diabetes Mellitus

Friday, November 11th 2016. | Uncategorized

Waspadai Komplikasi Penyakit Diabetes Mellitus -, Perlu anda ketahui bahwa setiap tahun pengidap penyakit diabetes melitus (DM) atau kencing manis meningkat atau semakin bertambah  baik di tingkat nasional maupun dunia. Penyakit diabetes ini jangan pernah dianggap sepele, karena dapat menimbulkan berbagai komplikasi bahkan kematian. Oleh karena itu, masyarakat harus mewaspadainya dengan melakukan perubahan pola hidup dan makan yang lebih sehat lagi.


Data International Diabetes Federation (IDF) 2015, diabetisi berjumlah 415 juta, dan diperkirakan akan terus bertambah di tahun 2040 sekitar 642 juta (55 persen). Indonesia berada di peringkat ke-7 dari 10 negara dengan diabetisi terbesar di seluruh dunia (total diabetisi di Indonesia diperkirakan 10 juta). Sedangkan data nasional menurut Riset Kesehatan Daerah (Riskesdas) tahun 2013, tingkat prevalensi diabetisi sebesar 6,8% di Indonesia.

Dokter spesialis penyakit dalam Siloam Hospitals Kebon Jeruk (SHKJ), dr Sandra Utami Widiastuti SpPD, menyebutkan, penyakit diabetes melitus terbagi menjadi empat jenis atau tipe, yaitu tipe I adalah destruksi sel beta sehingga insulin tidak diproduksi, tipe II yaitu resistensi insulin disertai defisiensi insulin, tipe lain yaitu kelainan sel beta pankreas karena sebab genetik, obat, bahan kimia, infeksi dan lainnya.

Baca Juga : Obat Luka Gangren Diabetes Cepat kering

“Serta, dm gestasional adalah resistensi insulin dgn disfungi sel beta pada kehamilan. Namun, dari berbagai type itu yg paling banyak diderita yaitu tipe II,” ungkap dr Sandra di sela alat gathering SHKJ di Jakarta, Kamis (10/11).

Menurut dr Sandra, dm umumnya menunjukan pertanda klasik, yaitu berupa rasa haus berlebihan atau polidipsia, sering kencing terutama pada tengah malam hari (poliuria), banyak makan (polifagia), dan demosi berat badan. factor itu berlangsung sebab mutu gula yg tinggi dapat dibuang lewat urin, air minggu berulang ikut ke luar maka dehidrasi dan bakal menbuat rasa kehausan. tidak cuma itu, kualitas gula pembawaan yg tak sanggup menyusup ke pada sel otot dan beralih jadi kegairahan maka tambah merasakan lapar dan lemas. Namun, sekian banyak orang sakit dm makin tak merasakan gejala klasik tersebut.

“Bagi mereka yg tak merasakan gejala, rata rata cuma merasa lemah badan dan mudah letih, kesemutan terhadap jari tangan dan kaki, gatal-gatal, pengliatan kabur, gairah sex menurun, infeksi sukar waras, dan radang berulang, jelasnya.

Dr Sandra menekankan, pengobatan dm lain mengobati tapi mengendalikan. Mengingat sampai saat ini masalah tersebut tak bisa disembuhkan. apabila terjadi peningkatan kualitas gula darah dapat membentuk komplikasi yg mampu merusak ginjal, mata, jantung, pembuluh darah, dan saraf. kekurangan organ bisa terjadi sebelum mempertaruhkan simptom atau ganjalan yg dirasakan oleh pesakit dm. apalagi komplikasi yg jadi petunjuk terpenting adanya persoalan DM.

Komplikasi dm sela lain penyakit jantung koroner dan stroke, dikarenakan adanya penyumbatan bagi pembuluh darah jantung atau otak, gangguan fungsi ginjal sejak mulai bermula kebocoran protein sampai tidak sukses ginjal,pandangan suram atau depresiasi penglihatan makin kebutaan yg disebabkan oleh retinopati,serta perselisihan pembuluh pembawaan dan saraf yg sanggup memunculkan kesemutan terhadap jari tangan dan ceker penderita.

“Bahkan, penanggung dm yg tak terkontrol apik lagi lebih berisiko buat memperoleh barah contohnya radang dan infeksi, berulang bengkak kepada gusi dan gigi,” ujar dr Sandra.

Menurut dr Sandra, ada lima pilar pengelolaan dm ialah kenali dm, perencanaan makanan, latihan fisik, obat-obatan, dan awasi gula darah mandiri.

“Waspadai komplikasi dm bersama mengendalikan kualitas gula darah seoptimal tampaknya dgn rumus jalankan sensor berkala guna mendeteksi dini adanya komplikasi pun menjadikan diet makanan yg apik dan tepat terhadap pesakit desimeter, sport rutin, berkonsultasi bersama dokter pada mengerti obat-obatan yg perlu dimakan dengan cara teratur, imbuhnya.

Itulah yang dapat saya sampaikan pada saat ini untuk anda yang ingin tahu informasi kesehatan terupdate lainya silahkan kunjungi atau klik saja Artikel kesehatan yang merupakan situs resmi yang menyajikan informasi kesehatan setiap harinya, pengobatan bahkan dapat langsung memesan obat herbal disini.

Related For Waspadai Komplikasi Penyakit Diabetes Mellitus