Waspada Penyakit Tidak Menular

Friday, July 15th 2016. | Uncategorized

Waspada Penyakit Tidak Menular -, Meskipun tergolong Penyakit Tak Menular (PTM), tetapi jantung koroner, stroke, diabetes militus, kanker & penyakit paru obstruktif kronis kini menduduki peringkat pass tinggi dari 10 kasus penyakit yg terbanyak disetiap Puskesmas di Kubu Raya.

“Kalau dipersentasekan jumlah kasus yg ada kala ini seputar 30 prosen dari 10 kategori penyakit terbanyak disetiap Puskesmas di Kubu Raya,” kata Kadis Kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani usai menghadiri MoU dgn rekan bisnis kerja dalam rangka pengerjaan optimalisasi acara penyampaian kabar pelayanan penyakit tak menular di Aula Lembaga Kesehatan Kubu Raya, Kamis (14/7).

Berli pula menyebut sekian banyak disaat terakhir, jumlah kasus penyakit tak menular di Kubu Raya kian bertambah. Perihal ini kami buktikan dari pengambilan contoh kepada 184 orang dari beraneka ragam tugas termasuk juga latar belakang lingkungan yg tidak serupa kurang lebih 40 prosen diantara berpotensi terserang penyakit tak menular seperti diabetes, stroke & sejenisnya. “Dari hasil pengambilan sampel yg kami melakukan, nampak terang, bila type penyakit tak menular tak memandang kalangan manapun. Siapa saja mampu terkena,” ucapnya.

Diwaktu ditanya penyebab orang enteng terserang penyakit tak menular, kata Berli, PTM dapat dialami satu orang sebab pola hidup & pola fikir & prilaku yg tak sehat. “Karenanya sejak mulai waktu ini diimbau bagi warga utk sanggup menjaga pola makan & pola hidup dengan cara sehat,” kata Berli.

PTM sendiri mampu dialami sejak mulai dari umur 15 th sampai umur lanjut, perihal lain yg sanggup dilakukan buat mencegah atau mengantisipasi terjadinya PTM seperti bersama lakukan teliti kesehatan dengan cara berkala minimal tiga atau enam bln, hindari polusi hawa termasuk juga asap rokok, teratur berolahraga minimal 30 menit sehari, diet sehat bersama gizi & kalori seimbang & istirahat pass juga kendalikan stress.

Baca Juga :

Biar sosialisasi sampai edukasi ke penduduk buat menghindari PTM ini sanggup terealisasi dengan cara optimal, Lembaga Kesehatan Kubu Raya merangkul banyaknya stakeholder buat lakukan nota kesepakatan (MoU). Ke 12 stakeholder itu antara lain, BP3AKB, BPMPD, Camat Rasau Jaya, KNPI, FKKRT, Pekka, NU, TP PKK, Mahasiswa Kubu Raya, Posyandu juga kader kesehatan.

“Kami mengharapkan usai MoU ini, penduduk dapat lebih mengenal, mendalami juga menyadari bahwa PTM itu penyakit yg berbahaya & macam mana pencegahannya,” ujar Berli.

Berli Hamdani pun menginginkan supaya pihak alat pula beri dukungan acara penyampaian berita pelayanan penyakit tak menular. “Melalui fasilitas massa, kami harap dapat mengemukakan info yg benar terhadap warga berkenaan pencegahan Penyakit Tak Menular (PTM) ini. Dikarenakan PTM ini tidak cuma menyerang umur lanjut namun bisa pula pada kalangan umur belia,,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Forum Komunikasi Ketua RT (FKKRT) Kubu Raya, Suharso menyongsong baik langkah Instansi Kesehatan mengajak perihal warga dalam meminimalisir PTM. ”Kami di Forum RT dapat menyosialisasikan bahayanya PTM ini pada penduduk lewat RT – RT yg bernaung di bawah FKKRT,” jelasnya.

Lantaran biarpun PTM telah tidak sedikit ketahuan oleh warga tetapi makin hri penderitanya pun bertambah. Tak lain tingkat kesadaran warga yg tetap rendah utk pencegahannya. “Kecuali apabila telah terkena serangan salah satu PTM ini penduduk baru menyadarinya & tukar pola hidupnya. Ini terang telah terlambat,” katanya.

Lebih-lebih, PTM dapat menyerang siapa serta. Tidak Dengan menyaksikan latar belakang & umur orang tersebut. & yg dikhawatirkan merupakan menyerang dengan cara tiba-tiba tidak dengan disadari.

Dikarenakan itu Suharso yg pun Wakil Ketua Komisi III DPRD Kubu Raya ini pula menyebut dukungannya kepada acara yg dilaksanakan Instansi Kesehatan. Lebih-lebih, ini kado bagi Kubu Raya di usianya yg kesembilan th ini sebab baru ini Lembaga Kesehatan mengajak factor warga.

“Untuk itu kami di dewan dapat komitmen memberi dukungan penganggaran utk beraneka ragam acara di Lembaga Kesehatan sepanjang itu berguna bagi warga & serasi sasaran,” pungkasnya.

Itulah yang dapat saya sampaikan pada saat ini untuk anda yang ingin tahu informasi kesehatan terupdate lainya silahkan kunjungi atau klik saja Artikel kesehatan yang merupakan situs resmi yang menyajikan informasi kesehatan setiap harinya, pengobatan bahkan dapat langsung memesan obat herbal disini.

 

Related For Waspada Penyakit Tidak Menular