Tips Mencegah Kanker Serviks

Monday, November 17th 2014. | Tips Mencegah Kanker Serviks

tips mencegah kanker serviksTips Mencegah Kanker Serviks lebih baik dari pada mengobati.Kata yang tepat untuk anda melakukan pencegahan dini terhadap resiko terserang kanker serviks.Kanker yang menimpa wanita ini disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Kanker serviks juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti gaya hidup yang tak sehat, sering bergonta-ganti pasangan, dan lainnya.

Banyak orang yang percaya bahwa kanker serviks tak bisa dicegah. Padahal ada banyak cara untuk mencegahnya, termasuk beberpa tips cara yang bisa dilakukan, berikut ini

Saat ini kanker serviks mulai mendapat perhatian dari wanita, baik di negara maju maupun negara berkembang. Kanker yang menimpa wanita ini disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Kanker serviks juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti gaya hidup yang tak sehat, sering bergonta-ganti pasangan, dan lainnya.

Banyak orang yang percaya bahwa kanker serviks tak bisa dicegah. Padahal ada banyak cara untuk mencegahnya, termasuk lima cara yang bisa dilakukan, berikut ini.

  • Melakukan tes papsmear secara teraturMelakukan tes papsmear secara teratur akan membantu Anda mengetahui risiko terkena kanker serviks. Selain itu, dengan melakukan papsmear secara teratur, ketika kanker serviks muncul akan segera diketahui dan ditangani, sehingga tingkat keselamatan masih cukup tinggi.
  • Vaksin HPVMelakukan vaksin HPV untuk mencegah infeksi HPV yang menyebabkan kanker serviks juga baik dilakukan. Vaksin HPV diketahui sebagai cara paling efektif untuk mencegah kanker serviks. Namun melakukan vaksin saja tak cukup, Anda juga harus menjaga kesehatan diri sendiri.
  • Tidak berganti-ganti pasanganSalah satu faktor penyebab munculnya kanker serviks adalah melalui infeksi HPV yang ditularkan saat berhubungan seksual. Risiko ini semakin tinggi ketika seseorang sering berganti-ganti pasangan. Terutama mereka yang tak mengetahui ketika pasangan memiliki virus HPV. Untuk itu, setialah pada satu orang dan jangan lakukan hubungan seksual dengan orang lain, selain pasangan Anda.
  • Tak terlalu aktif secara seksual di usia mudaAda baiknya wanita menunggu untuk melakukan hubungan seksual dan aktif secara seksual. Penelitian mengungkap bahwa wanita yang telah aktif secara seksual di usia yang terlalu muda memiliki risiko terkena kanker serviks yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang menunggu untuk aktif secara seksual di usia yang lebih tua.
  • Gaya hidup sehatMelakukan gaya hidup sehat seperti tidak merokok, rajin olahraga, dan mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi juga penting untuk mencegah kanker serviks. Penelitian menunjukkan bahwa perokok wanita memiliki risiko dua kali lebih besar untuk terkena kanker serviks.

    Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan wanita agar terhindar dari kanker serviks. Yang terpenting adalah selalu menjaga kesehatan dan kebersihan alat genital, serta melakukan gaya hidup yang sehat. Melakukan vaksin HPV, menggunakan kondom, serta melakukan tes papsmear secara teratur juga bisa dilakukan untuk berjaga-jaga agar tak terkena kanker serviks.

Sekian yang saya dapat sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga anda dan jangan lupa simak lagi informasi terupdate  hanya di tentang kesehatan

Related For Tips Mencegah Kanker Serviks