Ingat, Tidak Semua Penyakit Perlu Antibiotik

Wednesday, April 20th 2016. | Uncategorized

Ingat, Tidak Semua Penyakit Perlu Antibiotik -, Antibiotik yaitu obat untuk mengobati infeksi yg disebabkan oleh bakteri. Dari pengertian tersebut, sangat terang seandainya penyakit akibat infeksi virus tak butuh dikasih antibiotik.

“Sebagian besar penyakit harian disebabkan oleh virus. Infeksi virus tak butuh antibiotik lantaran antibiotik tak dapat mempercepat penyembuhan,” papar dr. Purnawati Sujud, SpAK, MMped dari Yayasan orang Tua Peduli dalam program media briefing One Health Approach di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Penyakit infeksi virus yg tidak jarang diderita penduduk antara lain batuk pilek, flu, diare akut tidak dengan darah, campak, cacar, sampai AIDS. Penanganan penyakit tersebut pasti tak memerlukan antibiotik.

Baca Juga : Kisah Yunita, Pejuang Kesehatan Ibu dan Anak di Papua

Di Sayangkan, berdasarkan peneltian yg sempat dikakukan AMRIN (Antimicrobial Resistant In Indonesia), banyaknya 70 % dokter di Indonesia meresepkan antibiotik yg tak sesuai. Seterusnya 50-90 % customer membeli antibiotik tidak dengan resep.

Purnawati mengemukakan, penelitian pula mengungkapkan pemberian antibiotik terhadap anak pass tinggi. Tidak Jarang kali orang tua punya anggapan antibiotik yaitu obat yg bakal mempercepat penyembuhan penyakit pada anak.

“Kok, demam enggak turun-turun, enggak diberi antibiotik sih. Persepsi seperti itu kan keliru,” kata Purnawati.

Pemakaian antibiotik yg cocok sangat penting untuk mencegah terjadinya resistensi antimikroba atau disaat bakteri jadi kebal dgn antibiotik.

Resistensi antimikroba saat ini jadi permasalahan dunia. Seandainya dibiarkan, dapat makin tidak sedikit bakteri yg tidak mempan diobati dengan antibiotik. Mereka yg terinfeksi bakteri yg telah resisten, nantinya dapat makin susah buat diobati sampai berdampak pada kematian.

Penanggungjawab Resistensi Antimikroba WHO Indonesia, dr Dewi Indriani menyampaikan, kalau tak cepat ditangani, para pakar memperkirakan resistensi antimikroba bakal memakan korban jiwa se gede 10 juta orang, termasuk juga 4,7 juta di wilayah Asia thn 2050.

Utk itu, profesional & warga, termasuk juga para orang tua diminta utk bijak memakai antibiotik.

Itulah yang dapat saya sampaikan pada saat ini untuk anda yang ingin tahu informasi kesehatan terupdate lainya silahkan kunjungi saja http://allcbar.com/ yang merupakan situs resmi yang menyajikan informasi kesehatan setiap harinya, pengobatan bahkan dapat langsung memesan obat herbal disini.

Related For Ingat, Tidak Semua Penyakit Perlu Antibiotik