Dampak Negatif Jajanan Anak Yang Tidak Sehat

Monday, September 21st 2015. | Uncategorized

Anda ingin tahu dampak negatif jajanan anak yang tidak sehat ? Nag berikut ini merupakan informasi slengkapnya yang akan saya ulas secara lengkap, jadi bagi anda yang ingin tahu dapaknya, simaklah artikel berikut ini yang akan mengulas tentang dampak negatif jajanan anak yang tidak sehat. Badan Pengawas Obat & makanan (BPOM) Republik Indonesia tetap menemukan pangan jajanan anak sekolah yg tidak sehat. Entah dikarenakan adanya cemaran mikroba, cemaran kimia, penyalahgunaan bahan berbahaya pun pemakaian bahan penambahan pangan yg melebihi batas maksimal yg diizinkan.

Dampak Negatif Jajanan Anak Yang Tidak Sehat

Baca Juga : Manfaat Cek Rutin Kesehatan Bagi Pegawai

Seandainya tetap konsumsi jajanan yg tidak sehat ini pasti dapat berdampak negatif pada kesehatan anak-anak kita. Apa saja dampaknya?

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI Jaya), Dr dr Rini Sekartini, SpA (K), mengungkapkan proses tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh nutrisi & stimulasi. Asupan nutrisi yg bermutu mesti memenuhi kaidah gizi seimbang, baik karbohidrat, protein, lemak, vitamin mineral & serta air. Nutrisi tersebut bisa dipenuhi lewat makanan penting & makanan selingan termasuk juga jajanan.

Oleh sebab itu, lanjutnya, jajanan sekolah juga sebagai makanan selingan utama jadi perhatian dengan. Factor yg mutlak diperhatikan dalam pemilihan jajanan anak yakni kandungan nutrisi, jumlah kalori, higienitas pula kandungan bahan penambahan pangan (BTP).

Rini memaparkan pemakaian Kandungan BTP atau food additive seperti pewarna sintesis, pengawet berlebih, yg melintasi batas yg telah di uji atau diperbolehkan Badan Pengawasan Obat Dan Makanan & bahan penambahan bukan buat pangan seperti boraks, formalin & pewarna tekstil apabila dimakan bakal mempunyai resiko samping yg bersifat individual atau berbeda-beda kepada tiap-tiap orang.

“BTP yg melintasi batas uji mengijinkan timbulnya masalah kesehatan, seperti reaksi alergi terhadap kulit ataupun saluran nafas maka berbahaya bagi penderita asma. Tidak Cuma itu lantaran melintasi saluran cerna sehingga bisa menyebabkan perlukaan kepada lambung maupun gejala lain seperti migrain, kelelahan, kesusahan tidur, mual & muntah, tak nafsu makan, diare pula efek jangka panjang yg akan merusak fungsi hati,” ungkapnya dalam Seminar Fasilitas Cermati Kandungan Nutrisi Jajanan Anak, di Jakarta, Kamis (17/9).

Sebenarnya efek kesehatannya bakal tampak waktu anak telah dewasa atau dewasa belia. Sanggup menyebabkan karsinogenik namun butuh penelitian lebih lanjut. Oleh sebab itu penduduk di inginkan biar mencermati kandungan nutrisi dalam jajanan anak terkecuali pula kadar higienitas jajanan tersebut. 

Sekian yang saya dapat sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga anda dan jangan lupa simak lagi informasi terupdate  hanya di artikel tentang kesehatan

Related For Dampak Negatif Jajanan Anak Yang Tidak Sehat