Cara Mencegah Penyakit Kadar Gula Darah Rendah

Tuesday, October 28th 2014. | Cara Mencegah Penyakit Kadar Gula Darah Rendah

Bagi anda yang beresiko terkena penyakit kadar gula darah rendah karena keturunan genetik sebaiknya hidarilah penyebab yang akan mengakibatakan anda terkena penyakit ,cara mencegah penyakit kadar gula darah rendah lebih tepat daripada mengobati karena mencega berarti belum terkena penyakit sedangkan mengobati otomatis orang itu sudah terkena penyakit.

Berikut Cara Mencegah Terjadinya Kadar Gula DaraH Rendah

kadar gula daeah rendahCara mencegah pemnyakit kadar gula darah rendah atau mengontrol hipoglikemia terbaik adalah melalui pola makan yang serupa dengan yang digunakan untuk mengendalikan diabetes mellitus: pengurangan gula sederhana, asupan besar karbohidrat kompleks, serta penambahan frekuensi makan. Permen, soda, dan bahkan jus buah (dimana produsen sering mempermanisnya dengan banyak gula) adalah tinggi gula dan harus dihindari. Makanan yang tinggi dalam serat larut memperlambat penyerapan karbohidrat dan membantu mencegah naik turunya kadar gula darah. Bagi beberapa orang, buah juga dapat menjadi tambahan baik sebagai fruktosa – gula alami dalam buah – yang tidak memerlukan insulin untuk diserap ke dalam sel-sel tubuh.
Juga disarankan adalah peningkatan frekuensi makan. Makan lebih dari tiga kali sehari membantu menjaga kadar gula darah dan mencegah timbulnya gejala hipoglikemik.

Beberpa Makanan Pencegah Kadar Gula Darah Rendah

  1. Kacang-kacangan. Jika anda menginginkan diet sehat untuk mengontrol  kadar gula darah sebaiknya hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi tapi berkualitas rendah seperti makanan manis, kue kering dan makanan berlemak dengan tinggi kandungan susu. Sebaliknya pilihlah makanan dengan karbohidrat berkualitas tinggi yang tersedia pada beberapa jenis kacang-kacangan seperti pinto, garbanzo, dan kacang kedelai merupakan makanan yang baik bagi penderita diabetes karena menyediakan karbohidrat berkualitas tinggi, protein yang bebas lemak, dan serat larut yang membantu mengontrol kadar gula darah sekaligus membuat anda tetap kenyang.   
  2. Oatmeal. Dalam sebuah studi telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti oatmeal dapat mengurangi risiko diabetes hingga 42 persen. Oatmeal dikemas dengan serat larut, yang memperlambat penyerapan glukosa dari makanan di perut sehingga akan menjaga kestabilan kadar gula darah anda. Selain itu oatmeal juga sangat baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki resiko tinggi  terkena penyakit jantung karena serat dalam oatmeal dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah.
  3. Ikan segar. Ikan merupakan makanan yang mengandung tinggi protein dan baik untuk masa pertumbuhan anak. Selain baik dikonsumsi anak-anak Kandungan protein dalam ikan ini juga membantu menurunkan kadar gula darah  sehingga menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes, cobalah beberapa jenis ikan seperti lele, cod, atau nila yang memiliki rasa enak dan daging putih yang sehat.
  4. Buah lemon. Buah yang memiliki rasa asam menyegarkan ini merupakan sumber yang baik dari vitamin C. manfaat vitamin C selain untuk memperkuat sisitem kekebalan tubuh juga dapat menurunkan indeks glikemik pada makanan. Minum segelas jus lemon setiap selesai makan dapat membantu menurunkan kadar gula darah anda. Ingat, Jangan menambahkan gula di dalamnya karena itu mungkin akan berefek sebaliknya.
  5. Green tea (teh hijau). Teh hijau adalah salah satu minuman yang memiliki manfaat sangat banyak sekali untuk kesehatan, hal ini dikarenakan teh hijau mengandung antioksidan tinggi, dan bebebrapa jenis mineral diantaranya mangan dan kalium. Cobalah rutin minum teh hijau tanpa gula untuk membantu mengurangi kadar glukosa dalam darah.

Sekian yang saya dapat sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga anda dan jangan lupa simak lagi informasi terupdate  hanya di tentang kesehatan

Related For Cara Mencegah Penyakit Kadar Gula Darah Rendah