Beberapa Gangguan Pada Pernafasan

Saturday, December 27th 2014. | Beberapa Gangguan Pada Pernafasan

obat gangguan pada sistem pernafasanSistem pernapasan pada manusia merupakan salah satu sistem organ yang sangat penting. Karena jika manusia tidak bernapas selama beberapa menit, maka dia akan mati. Sama seperti sistem organ yang lain, sistem pernapasan pada manusia juga bisa mengalami gangguan atau kelainan yang mempengaruhi sistem itu sendiri. Nah, apa sajakah penyakit pada sistem pernapasan pada manusia? Langsung saja kita simak beberapa gangguan pada pernafasan :

  • Asma

    Asma adalah kelainan penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi seperti debu, bulu, ataupun rambut. Global Initiative for Asthma, sebuah lembaga nirlaba internasional untu penanggulangan asma, mendefinisikan asma sebagai gangguan pada selaput pipa udara yang menyalurkan udara ke dalam paru-paru. Pada penyakit asma, paru-paru tidak dapat menyerap oksigen secara optimal.

  • Faringitis

    Faringitis adalah radang pada faring karena infeksi sehingga timbul rasa  nyeri pada waktu menelan makanan ataupun kerongkongan terasa kering. Gangguan ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Bakteri yang biasa menyerang penyakit ini adalah Streptococcus pharyngitis. Peradangan juga dapat terjadi karena terlalu banyak merokok, ditandai dengan rasa sakit saat menelan dan rasa kering di kerongkongan.

  • Influenza (Flu)

    Penyakit influenza disebabkan oleh virus influenza. Gejala yang ditimbulkan antara lain pilek, hidung tersumbat, bersin-bersin, dan tenggorokan terasa gatal. Influenza merupakan suatu penyakit infeksi akut saluran pernafasan terutama ditandai oleh demam, gigil, sakit otot, sakit kepala dan sering disertai pilek, sakit tenggorok dan batuk yang tidak berdahak. Lama sakit berlangsung antara 2-7 hari dan biasanya sembuh sendiri.

  • Emfisema

    Emfisema adalah penyakit pada paru-paru yang ditandai dengan pembengkakan pada paru-paru karena pembuluh darahnya kemasukan udara. Emfisema disebabkan hilangnya elastisitas alveolus. Emfisema membuat penderita sulit bernafas. Penderita mengalami batuk kronis dan sesak napas. Asap rokok dan kekurangan enzim alfa-1-antitripsin adalah penyebab kehilangan elastisitas pada paru-paru ini.

  • Sinusitis

    Sinusitis merupakan penyakit peradangan pada bagian atas rongga hidung atau sinus paranasalis. Penyakit sinusitis disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, virus, menurunnya kekebalan tubuh, flu, stress, kecanduan rokok, dan infeksi pada gigi.
    Berikut ini beberapa gejala yang dapat dikenali pada seseorang yang menderita penyakit sinusitis.

  •  Dipteri

    Dipteri adalah infeksi pada saluran pernapasan bagian atas. Pada umumnya, disebabkan oleh Corynebacterium diphterial. Pada tingkat lanjut, penderitanya dapat mengalami kerusakan selaput jantung, demam, lumpuh, bahkan meninggal dunia.

  • Renitis

    Renitis merupakan peradangan pada rongga hidung sehingga hidung menjadi bengkak dan banyak mengeluarkan lendir. Gejala-gejala yang timbul pada seseorang yang menderita renitis antara lain bersin-bersin, hidung gatal, hidung tersumbat, dan berair (ingus encer). Renitis bisa timbul karena alergi atau faktor lain.

  •  Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

    Upper Respiratory tract Infection (URI) merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia bagian atas, yaitu hidung, laring (tekak), dan tenggorokan. Penyakit ini sering dijumpai pada masa peralihan cuaca. Penyebab munculnya ISPA hampir sama dengan influenza, yaitu karena kekebalan tubuh yang menurun.

  • Kanker Paru-Paru

    Penyakit ini merupakan salah satu yang paling berbahaya. Sel-sel kanker pada paru-paru terus tumbuh tidak terkendali. Penyakit ini lamakelamaan dapat menyerang seluruh tubuh. Salah satu pemicu kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok. Merokok dapat memicu terjadinya kanker paru-paru dan kerusakan paru-paru.

Sekian yang saya dapat sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga anda dan jangan lupa simak lagi informasi terupdate  hanya di tentang kesehatan

Kata Kunci Dari Google:

organ pernapasan manusia yang mengalami emfisema adalah, bagaimana jika salah satu organ pernapasan kita mengalami gangguan, penyakit pada sistem pernapasan beserta gambarnya, alat respirasi yang mengalami emfisema adalah, bagian alat pernapasan yang dapat mengalami emfisema ialah, alat pernapasan yang mengalami emfisema, Bagaimana jika salah satu organ pernafasan kita mengalami gangguan, organ pernapasan manusia yang mengalami emfisema, bagian alat pernapasan yang dapat mengalami emfisema adalah, organ pernapasan manusia mengalami emfisema adalah, organ pernapasan manusia yang, alat pernafasan yang mengalami, organ pernapasan manusia yg mengalami emfisema, apa penyebab proses pernapasan dapat berlangsung optimal pada paru2, organ pernapasan yang mengalami emfisema, alat pernafasan yang mengalami emfisema adalah, alat pernapasan yang mengalami emfisema adalah, organ yang mengalami gangguan emfisema adalah, organ oernafasan manusia yang mengalami amfisema, irgan pernapasan yg mengalami emfisema, organ pernapasan manusia yg mengalami emfisema adalah, gangguan pernapasan emfisema, gangguan emfisma menyerang bagian, emfisema merupakan gangguan pernapasan karena?, alat pernafasan yang mengalami enfisema adalah, alat pernafasan yang mengalami imfisema adalah, alat pernafasan yg mengalami emfisema, alat pernapasan yang dapat mengalami emfisemiq, alat pernapasan yang mengalami enfisema, alat pernapasan yg mengalami anfisema, apa akibat yang terjadi apabila salah satu organ pernapasan mengalami gangguan?, apa penyebab proses pernapasan dapat berla, bagian alat pernafasan yang dapat mengalami emfisema, bagian alat pernafasan yg dapat mengalami em, emfisema gangguan pernafasan disebabkan oleh, alat peenapasan yg mengalami empisema,

Related For Beberapa Gangguan Pada Pernafasan