Beberapa Gangguan Pada Jantung

Thursday, December 25th 2014. | Uncategorized

Jantung adalah organ tubuh yang sering mengalami gangguan. Gangguan ini menyebabkan kinerja jantung dalam cara mencegah penyakit jantungmemompa darah tidak optimal oleh sebab itu simaklah beberapa gangguan pada jantung berikut ini :

  • Infark miokard akutInfark miokard akut disebabkan penyumbatan pada arteri koroner sehingga mengakibatkan kematian otot jantung. Bagian otot jantung yg tidak mendapatkan supply darah akan mengalami kerusakan ataupun kematian mendadak.
  • Inflamasi jantungGangguan ini bisa terjadi pada bagian miokarditis ( dinding jantung), perikarditis ( selaput jantung, dan endokarditis ( bagian dalam jantung). Penyebab inflamasi jantung yaitu racun atau infeksi.
  • KardiomiopatiKardiomiopati adalah kelainan yang disebabkan gangguan/ kerusakan pada otot jantung yang menyebabkan tidak sempurnanya pergerakan dinding-dinding jantung dalam menyedot dan memompa darah. Bagi penderita penyakit ini beresiko terkena aritmia serta gagal jantung..Dalam perkembangannya, Kardiomiopati terbagi lagi menjadi 4 jenis yaitu : Kardiomipati kongesif, restriktif, hipertrofik, dan peripartum.
  • Penyakit Jantung Rematik (Rheumatic Heart Disease).Kelainan pada jantung ini disebabkan kerusakan permanen katup jantung karena adanya penyempitan atau kebocoran.Penyakit ini timbul karena demam rematik yang diakibatkan bakteri streptococcus.
  • AterosklerosisAterosklerosis merupakan Kelainan yang disebabkan adanya penebalan dinding arteri sebelah kanan sebagai akibat endapan plak ( lemak, kolesterol, serta buangan sel lainnya). Dengan adanya endapan ini, menyebabkan supply darah ke sel-sel otot terhambat .
  • AritmiaAritmia merupakan gangguan pada jantung, dimana irama / detak jantung tidak normal. Penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kalsium dalam tubuh serta adanya penyumbatan pembuluh darah jantung ini menjadikan detak jantung tidak normal, bisa lebih cepat atau lebih lambat.
  • Gagal jantungGagal jantung atau sebut juga Heart Failure merupakan gangguan pada jantung dimana kondisi jantung dibawah kemampuan yang seharusnya dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Istilah gagal pada jantung ini bukan berarti jantung berhenti bekerja . Tapi kinerja jantung dalam memompa darah tidak sekuat ketika jantung normal.Keaadan jantung seperti ini mengakibatkan darah bisa berbalik ke paru-paru dan organ tubuh lainnya.
  • Kelainan katup  jantung ( Heart valve disease ).Kelainan katup jantung adalah satu kondisi dimana salah satu atau lebih katup jantung tidak bekerja secara maksimal. Dengan bermasalahnya katup jantung, maka pengendalian arah aliran darah yang merupakan tugas dari katup jantung menjadi terganggu. Kelainan yang disebabkan bawaan sejak lahir ataupun infeksi dan efek samping pengobatan ini terdiri dari tiga jenis yaitu : penyempitan (stenosis), kebocoran ( regurgiasi), dan katup tidak menutup sempurna (prolapsis).
  • PerikarditisPenyakit ini muncul sebagai akibat dari peradangan pada bagian katup jantung. Penyebab umumnya adalah infeksi virus serta efek terapi penyinaran untuk kanker payudara.
    Penyakit ini muncul sebagai akibat dari adanya penyumbatan pembuluh darah akibat lapisan lemak / kolestrol pada dinding nadi. Dengan adanya penyumbatan ini, proses supply dari dan ke jantung menjadi terganggu.

Masih banyak tentunya jenis atau gangguan penyakit pada jantung lainnya yang tidak tercantum pada ulasan diatas, silahkan anda mencari sumber referensi lainnya untuk memperkaya pengetahuan anda.

Sekian yang saya dapat sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga anda dan jangan lupa simak lagi informasi terupdate  hanya di tentang kesehatan

Related For Beberapa Gangguan Pada Jantung