Apa Itu Kanker Prostat

Saturday, October 11th 2014. | Apa Itu Kanker Prostat

Bagi anda yang belum tahu apa itu kanker prostat ? Nah untuk itu simaklah artikel berikut ini sampai selesai karena saya akan jelaskan semua tentang kanker prostat.

apa itu kanker prostatKanker prostat adalah tumor ganas yang tumbuh pada prostat, kelenjar seukuran kacang walnut dibawah kandung kemih pria yang fungsinya memproduksi sperma. Sebagian besar kanker prostat tumbuh sangat lambat namun merupakan kanker ganas, dan kanker dapat menyebar ke bagian tubuh lain, khususnya tulang dan kelenjar getah bening.

Menurut laporan interim Singapore Cancer Registry, periode 2006-2010, kanker prostat merupakan kanker paling umum ke-3 untuk pria di Singapura, dengan lebih dari 500 kasus terdiagnosa setiap tahun dalam kurun waktu lima tahun belakangan ini.

Gejala Kanker Prostat

Kanker prostat stadium dini, tidak menunjukkan gejala. Setelah kanker berkembang, baru muncul gejala tetapi tidak khas. Gejala yang muncul menyerupai gejala BPH (Benign Prostatic Hyperplasia), yaitu penyakit pembesaran prostat jinak yang sering dijumpai pada pria lanjut usia. Akibatnya, kedua penyakit ini sulit dibedakan sehingga diperlukan pemeriksaan yang dapat mendeteksi dini sekaligus membedakan antara kanker prostat dan BPH. Berikut ini beberapa gejala yang sering ditemui pada penderita kanker prostat.

  1. Sering ingin buang air kecil, terutama pada malam hari.
  2. Kesulitan untuk memulai buang air kecil atau menahan air seni.
  3. Aliran air seni lemah atau terganggu.
  4. Perasaan nyeri atau terbakar saat buang air kecil.
  5. Adanya darah pada air seni atau air mani.
  6. Gangguan seksual lain, seperti sulit ereksi atau nyeri saat ejakulasi.
  7. Sering nyeri atau kaku pada punggung bawah, pinggul, atau paha atas.

Sekian yang saya dapat sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga anda dan jangan lupa simak lagi informasi terupdate  hanya di tentang kesehatan

Related For Apa Itu Kanker Prostat