Apa Itu Kanker Pankreas

Monday, September 29th 2014. | Apa Itu Kanker Pankreas

apa itu kanker pankreasApa itu kanker pankreas ? Pankreas adalah organ dalam perut yang terletak secara horisontal di belakang bagian bawah lambung. Di dalam pankreas, sel eksokrin pankreas menghasilkan cairan pencernaan, sedangkan sel endokrin pankreas menghasilkan hormon insulin danglukagon , yang mengatur tingkat gula darah dalam tubuh.

Kanker pankreas merupakan penyakit dimana sel yang bersifat kanker terbentuk di dalam pankreas. Pada umumnya kanker pankreas berawal dari sel-sel eksokrin.

Di Amerika Serikat, kanker pankreas merupakan penyebab kematian akibat kanker ke-4 paling umum. Aktor, Patrick Swayze dan baru-baru ini, pendiri Apple, Steve Jobs, keduanya meninggal akibat kanker pankreas.

Di Singapura, terjadi peningkatan kanker pankreas selama 40 tahun belakangan ini. Dari tahun 2003 hingga 2007, terdapat sekitar 1000 kasus dengan diagnosa kanker pankreas. Walaupun kanker pankreas tidak termasuk di dalam urutan 10 besar kanker yang paling umum di Singapura, kanker tersebut menjadi penyebab ke-6 dan ke-7 kematian akibat kanker untuk pria dan wanita di Singapura.

Gejala Kanker Pankreas

Gejala-gejala kanker pankreas pada umumnya tidak jelas dan non-spesifik. Kehilangan berat badan adalah salah satu gejala awal. Namun, terdapat banyak penyebab medis dan non-medis lainnya yang mengakibatkan penurunan berat badan. Nyeri perut tidak jarang terlambat dalam penyakit. Gejala akhir lainnya adalah penyakit kuning, atau kekuningan pada bagian putih mata.

Sekian yang saya dapat sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga anda dan jangan lupa simak lagi informasi terupdate  hanya di tentang kesehatan

Related For Apa Itu Kanker Pankreas