Apa Itu Kanker Ovarium

Wednesday, October 15th 2014. | Apa Itu Kanker Ovarium

ovariumApa Itu Kanker Ovarium ? Kanker Ovarium adalah suatu kondisi medis yang diandai dengan kanker dari ovarium. Ovarium adalah sepasang organ kecil yang merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita. Ovarium bertanggung jawab untuk memproduksi hormon-hormon wanita, seperti estrogen dan progesteron, yang membantu menjaga organ-organ sekunder wanita dan produksi telur. Setiap bulan, ovarium akan melepaskan satu sel telur matang, yang dapat dibuahi oleh sel sperma. Kanker ovarium ada di urutan ke 5 sebagai kanker yang paling umum pada wanita. Ada tiga tipe kanker ovarium yang utama: Kanker Ovarium Epitel (kanker yang mempengaruhi lapisan permukaan ovarium), Tumor Sel Germinal (kanker yang berasal dari sel-sel yang matang menjadi sel telur), dan Tumor Stroma (kanker yang terbentuk dari sel-sel yang memegang ovarium secara bersamaan). Diantara ketiganya, kanker ovarium epitel merupakan tipe yang kanker ovarium yang paling umum. Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang telah mengalami menopause.
Gejala-gejala kanker ovarium seringkali mirip dengan masalah saluran pencernaan dan kandung kemih, seperti kembung, rasa tidak nyaman pada panggul, kesukaran mencerna makanan, kelelahan, dan sering berkemih. Ketika gejala timbul, biasanya menetap dan memburuk seiring dengan berjalannya waktu. Perawatan untuk kanker ovarium biasanya dengan pengangkatan tumor secara bedah dan kemoterapi. Angka kelangsungan hidup meningkat ketika kanker terdeteksi dan diterapi sebelum menyebar ke organ-organ lain.

Sekian yang saya dapat sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga anda dan jangan lupa simak lagi informasi terupdate  hanya di tentang kesehatan

Related For Apa Itu Kanker Ovarium