Apa Itu Kanker Lidah

Monday, October 27th 2014. | Apa Itu Kanker Lidah

Mungkin anda atau keluarga anda belum tahu apa itu kanker lidah? dan ingin tahu apa itu kanker lidah simaklah artikel berikut ini yang akan jelaskan kanker lidah sampai selesai.

obat kanker lindahKanker lidah adalah kanker yang berkembang dari sel -sel skuamosa.sel – sel lidah normal yang tadinya tumbuh dan membelah secara teraturdan terkontrol menjadi tidak di kenali sehingga akan terus tumbuh,maka terbentuklah jaringan yang abnormal,di sebut tumor lidah.tumor lidah ini berdifat loka dan tidak menyebar.sedangkan istilah kanker lidah berarti tumor lidah yang menjadi ganas,yang dapat menyerang jaringan sekitar dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainya meskipun jauh yang di kenal dengan istilah metastase.

Kanker lidah ada;lah salah satu tipe kanker mulut ( oral cancer ) seperti kanker dari bibir langi -langit keras,lapisan pipi bagian dalam,mulut bawah depan lidah,dan gusi.oral merupakan kanker subkelompok dari kanker kepaladan leher.

Penyebab Utama Kanker Lidah

  • Faktor fisik – gesekan lidah jangka panjang dapat menyebabkan sariawan berkepanjangan yang nantinya dapat menyebabkan kanker lidah .
  • Faktor higinis mulut yang buruk dapat menyebabkan peradangan kronis yang dapat menjadi salah satu penyebab kanker lidah. Radiasi juga dapat menjadi faktor penyebab kanker lidah, seperti terapi radioterapi.
  • Faktor kimia – tembakau dan alkohol; kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol dapat memicu terjadinya kanker lidah. Rokok mengandung nikotin yang mengandung zat karsinogenik. Alkohol memang tidak mengandung zat karsinogenik tetapi mengandung etanol yang dapat ‘membantu’ penyerapan zat karsinogenik.
  • Faktor biologi – ada beberapa laporan penelitian bahwa papillomavirus dapat menyebabkan kanker lidah
  • Faktor lain – gangguan nutrisi dan metabolisme
    precancerous lesions/lesions – kanker lidah dapat berkoeksistensi dengan precancerous lesion.

Gejala Utama Kanker Lidah

  1. Sariawan pada bibir yang lama tidak sembuh
  2. Bercak di dalam mulut atau bibir berwarna putih, merah, atau campuran merah dan putih
  3. Nyeri pada bibir atau mulut
  4. Pendarahan di mulut
  5. Kehilangan gigi
  6. Sulit atau nyeri saat menelan
  7. Sulit memakai gigi palsu

Sekian yang saya dapat sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga anda dan jangan lupa simak lagi informasi terupdate  hanya di tentang kesehatan

Related For Apa Itu Kanker Lidah