Apa Itu Kanker Hati

Friday, October 3rd 2014. | Apa Itu Kanker Hati

apa itu kanker hatiApa Itu Kanker Hati ? Kanker hati merupakan kanker yang terjadi pada hati. Kondisi ini juga dikenal sebagai karsinoma hepatoseluler. Ada banyak penyebab kanker hari, termasuk hepatitis B dan C dan konsumsi alkohol kronis. Konsumsi alkohol kronis adalah penyebab yang paling umum untuk kanker hati karena hal ini menyebabkan sirosis hati, suatu kondisi medis yang ditandai dengan terbentuknya jaringan parut pada hati akibat kerusakan pada hati yang berkepanjangan dan terus menerus. Hepatitis B dan C adalah kondisi yang ditandai dengan peradangan pada hati, yang masing-masing disebabkan oleh virus hepatitis B dan C. Virus-virus ini memiliki materi genetik yang dapat mengganggu materi genetik normal pada sel hati, sehingga menyebabkan sel hati menjadi sel kanker. Ada 2 tipe kanker hati: primer dan sekunder. Kanker primer dimulai dari hati sedangkan kanker sekunder berasal dari organ lain seperti lambung dan kolon, dan menyebar ke hati. Kanker sekunder lebih umum daripada kanker primer. Kanker hati adalah kanker ketiga yang paling umum terjadi di dunia. Kanker hati merupakan kanker yang mematikan yang dapat membunuh hampir semua penderitanya dalam kurun waktu satu tahun.

faktor Penyebab Kanker Hati

Tiga faktor penyebab utama kanker hati adalah status sebagai pembawa hepatitis-B, infeksi hepatitis-C dan penyakit hati alkoholik. Penyebab lainnya yang lebih langka terjadi adalah racun (aflatoksin) dari jamur yang tumbuh dalam makanan yang diawetkan secara buruk (terutama biji-bijian), kondisi kongenital (kekurangan alfa-1 anti-tripsin), dan setiap penyebab pengerasan hati atau sirosis (misalnya haemakromatosis).

Resiko individu dengan hepatitis-B atau C mengalami kanker hati adalah 100 kali lebih tinggi dibandingkan dengan individu normal. Pola perkembangan kanker hati di seluruh dunia berhubungan erat dengan pola infeksi hepatitis B dan C.  Di negara-negara di mana imunisasi untuk hepatitis-B telah dimulai, jumlah kanker hati dalam setahun juga turun seiring dengan penurunan jumlah kasus hepatitis-B.

Hepatitis-B dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya semasa kehamilan. Pada orang dewasa, hepatitis-B dan C dapat ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi, misalnya air liur, darah, sperma dan sekresi lainnya. Transfusi darah tidak lagi menjadi faktor resiko karena metode skrining yang memadai di Singapura.

Alkohol adalah penyebab utama untuk kanker hati pada populasi Barat. Hati rusak oleh penyalahgunaan alkohol berulang kali dan berlebihan yang mengakibatkan pengerasan hati (sirosis) dan perubahan kanker.

Gejala Kanker Hati

Sebagian besar pasien dengan kanker hati tidak memiliki gejala apapun.  Kanker ini sangat sering terdeteksi secara kebetulan sebagai hasil dari tes USG atau CT scan untuk masalah kesehatan yang tidak terkait lainnya. Pada beberapa pasien mungkin ada gejala samar berupa berat atau ketidaknyamanan di sisi kanan perut. Gejala nyeri dan penurunan nafsu makan atau berat badan biasanya muncul lebih lambat.

Pada sekelompok kecil pasien, kanker hati muncul sebagai rasa sakit tiba-tiba dalam perut sebagai akibat pecahnya tumor. Ini biasanya merupakan pertanda buruk dan berhubungan dengan perdarahan tumor dalam perut.

Sekian yang saya dapat sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga anda dan jangan lupa simak lagi informasi terupdate  hanya di tentang kesehatan

Related For Apa Itu Kanker Hati