Apa Itu Kanker Ginjal

Monday, October 13th 2014. | Apa Itu Kanker Ginjal

ginjalApa Itu Kanker Ginjal ? Kanker Ginjal adalah kondisi medis yang ditandai dengan kelainan pertumbuhan dari sel-sel kanker pada ginjal. Ginjal adalah sepasang struktur berbentuk seperti kacang yang berperan dalam menyaring dan mengeluarkan produk sisa dari darah, membentuk urin untuk dieksresikan keluar dari dalam tubuh dalam prosesnya. Biasanya, hanya satu ginjal yang terkena kanker. Tedapat tiga tipe utama dari kanker ginjal. Karsinoma sel renal adalah bentuk paling sering yang tercatat hampir 90% dari kasus kanker ginjal. Sel-sel kanker pada tipe ini berasal dari sel yang melapisi tubulus renalis pada ginjal. Karsinoma sel transisional, bentuk yang lebih jarang dari kanker ginjal, berkembang dari sel-sel transisional yang melapisi ginjal dan secara umum terjadi pada pria lebih tua di atas usia 50 tahun. Tipe ke tiga dari kanker ginjal adalah bentuk yang jarang dari kanker ginjal yang terjadi pada anak-anak, dikenal sebagai tumor Wilm. Penyebab pasti dari kanker ginjal belum diketahui. Pembedahan biasanya dilakukan untuk mengangkat bagian ginjal yang terkena. Tidak seperti kanker lainnya, kemoterapi dan terapi radias biasanya tidak berpengaruh baik dalam penanganan kanker ginjal dan biasanya tidak digunakan. Akan tetapi, terapi radiasi dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh kanker. Karena kanker ginjal menyebar dengan mudah, terutama pada paru-paru, diagnosis dan penanganan dini diperlukan untuk meningkatkan angka kesembuhan.

Penyebab Kanker Ginjal

Kanker ginjal timbul akibat beberapa hal, salah satunya kebiasaan merokok. Namun, ada beberapa faktor lain yang turut meningkatkan resiko kanker ginjal:

Usia. Semakin tua usia Anda, resiko kanker ginjal juga meningkat.
Obesitas
Tekanan darah tinggi (hipertensi)
Pernah melakukan pengobatan gagal ginjal

Gejala Kanker Ginjal

Pada tahap awal, penderita kanker ginjal tidak merasakan gejalanya. Namun, apabila penyakit ini sudah mencapai stadium akhir, berbagai gejala pun bermunculan, antara lain:

  1. Berat badan menurun
  2. Mudah lelah
  3. Mudah terserang demam
  4. Sering mengalami nyeri punggung tepat di bawah tulang rusuk
  5. Urine berwarna merah

 

Related For Apa Itu Kanker Ginjal